RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEORI VAN HIELE
TEORI VAN HIELE
Sekolah : SD / MI
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IV/ 1
Tema / Materi : Geometri Segi Empat
Alokasi Waktu : 20 menit
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IV/ 1
Tema / Materi : Geometri Segi Empat
Alokasi Waktu : 20 menit
I. Standar Kompetensi
Mengidentifikasi konsep dan prinsip segi empat
Mengidentifikasi konsep dan prinsip segi empat
II. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan ciri-ciri atau sifat dari bangun segi empat
Mendeskripsikan ciri-ciri atau sifat dari bangun segi empat
III. Indikator
1. Menjelaskan sifat-sifat Jajargenjang
2. Membuktikan sifat-sifat Jajargenjang
1. Menjelaskan sifat-sifat Jajargenjang
2. Membuktikan sifat-sifat Jajargenjang
IV. Tujuan
1. Siswa mampu menjelaskan sifat-sifat Jajargenjang
2. Siswa mampu mencari pembuktian dari sifat-sifat Jajargenjang
1. Siswa mampu menjelaskan sifat-sifat Jajargenjang
2. Siswa mampu mencari pembuktian dari sifat-sifat Jajargenjang
V. Materi Pembelajaran
(Terlampir)
(Terlampir)
VI. Metode / Pendekatan Pembelajaran
Ceramah
Demonstrasi
Tanya Jawab
Penugasan
Ceramah
Demonstrasi
Tanya Jawab
Penugasan
VII. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Rincian Kegiatan Alokasi Waktu:
Kegiatan Awal
Kegiatan Awal
1. Doa dan absensi 1 menit
2. Guru memberikan motivasi kepada siswa 2 menit
3. Apersepsi
Guru memberikan pengantar tentang tema yang akan dibahas, dengan cara melakukan Tanya jawab singkat dengan siswa
Guru menunjukkan bentuk jajargenjang 2 menit
2. Guru memberikan motivasi kepada siswa 2 menit
3. Apersepsi
Guru memberikan pengantar tentang tema yang akan dibahas, dengan cara melakukan Tanya jawab singkat dengan siswa
Guru menunjukkan bentuk jajargenjang 2 menit
Kegiatan Inti
1. Dengan metode ceramah interaktif, guru
menjelaskan ciri jajargenjang yaitu tiap sisi yang berhadapan sama panjang
(2 menit)
2. Guru menjelaskan ciri jajargenjang yaitu diagonal sisi dalam jajargenjang memotong tepat di tengah dengan metode ceramah interaktif (2 menit)
3. Dengan metode ceramah interaktif, guru menjelaskan ciri jajargenjang yaitu tiap sudut yang berhadapan sama besar ( 2 menit)
4. Dengan penarikan kesimpulan secara deduksi, guru menjelaskan dan membuktikan ciri-ciri jajargenjang yaitu jumlah keempat sisinya adalah 360 derajat ( 2 menit)
5. Dengan metode demonstrasi, guru menunjukkan bahwa jajargenjang tidak memiliki simetri lipat (2 menit)
6. Guru mendemonstrasikan simetri putar dari jajargenjang (2 menit)
2. Guru menjelaskan ciri jajargenjang yaitu diagonal sisi dalam jajargenjang memotong tepat di tengah dengan metode ceramah interaktif (2 menit)
3. Dengan metode ceramah interaktif, guru menjelaskan ciri jajargenjang yaitu tiap sudut yang berhadapan sama besar ( 2 menit)
4. Dengan penarikan kesimpulan secara deduksi, guru menjelaskan dan membuktikan ciri-ciri jajargenjang yaitu jumlah keempat sisinya adalah 360 derajat ( 2 menit)
5. Dengan metode demonstrasi, guru menunjukkan bahwa jajargenjang tidak memiliki simetri lipat (2 menit)
6. Guru mendemonstrasikan simetri putar dari jajargenjang (2 menit)
Kegiatan Akhir
1. Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang
materi yang telah dipelajari yaitu ciri-ciri jajargenjang (1 menit)
2. Guru mereview kembali materi ciri-ciri jajargenjang (1 menit)
3. Guru memberikan tugas kepada siswa dan akan dikumpulkan pada pertemuan mendatang (1 menit)
2. Guru mereview kembali materi ciri-ciri jajargenjang (1 menit)
3. Guru memberikan tugas kepada siswa dan akan dikumpulkan pada pertemuan mendatang (1 menit)
VIII. Alat/Bahan/Sumber Belajar/Media Belajar
Sumber Belajar
• Literatur Matematika kelas IV semester I
• Buku lain yang relevan
Sumber Belajar
• Literatur Matematika kelas IV semester I
• Buku lain yang relevan
Media Pembelajaran
• 5 Bentuk bangun jajargenjang
• 5 Bentuk bangun jajargenjang
IX. Penilaian
Instrumen
Penilaian Hasil
Tes Tulis
(Soal terlampir)
Instrumen
Penilaian Hasil
Tes Tulis
(Soal terlampir)
INDIKATOR PENILAIAN
Tes Tulis
Siswa dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan materi tentang ciri-ciri atau sifat persegi, persegi panjang, dan jajargenjang.
Tes Tulis
Siswa dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan materi tentang ciri-ciri atau sifat persegi, persegi panjang, dan jajargenjang.
Pedoman Pensekoran/Nilai
Tes Tulis
Jawaban benar dan lengkap bernilai 10
Jawaban benar tetapi tidak lengkap bernilai 5
Jawaban salah bernilai 3
Tidak menjawab bernilai 0
#agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan tepat... dibutuhkan Rencana PELAKSANAAN pembelajaran (RPP) yang baik, jadi saat membuat Rencana PELAKSANAAN pembelajaran (RPP) usahakan juga memperhatikan sikon sekitar sekolah... terutama dalam memilih Metode, Media dan cotoh pada perumpamaan dalam suatu materi.
buat sample bisa nih :D
BalasHapusapa jadix ya klo gk ada RPP heheh..,pasti bakal bengong di dpn murid2 :D
BalasHapusmf ya baru sempat mampir... *smile manis
@alprablog> makasih dah mampir...
BalasHapusyapss... moga bermanfaat...^_^
@lentera_langit> nggak cm bengong materinya hamburaduls n muridnya juga gk ngeh... :D