BREAKING NEWS
» Baby Varen» Baby Za» Lentera Pancasila di Masyarakat Lokal» Tips Menjelang Persalinan» Cara Cegah Stretch Mark Saat Hamil» Do'a Supaya Diberi Kemudahan Saat Persalinan

Tips

Kelas Menulis

  • Lincah jemari

  • Agar Si Buah Hati Tumbuh Cerdas

  • Bedah Buku 13 Perempuan dan Margendut Sayang

  • Revisi Krathwoll tingkatan Ranah Kognitif

  • Ada Surga Di Rumahku

  • Rahasia - rahasia Sholat

  • Buku

    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    TEORI VAN HIELE

    Sekolah                    : SD / MI
    Mata Pelajaran      : Matematika
    Kelas / Semester   : IV/ 1
    Tema / Materi       : Geometri Segi Empat
    Alokasi Waktu        : 20 menit


    I. Standar Kompetensi
    Mengidentifikasi konsep dan prinsip segi empat

    II. Kompetensi Dasar
    Mendeskripsikan ciri-ciri atau sifat dari bangun segi empat

    III. Indikator
    1. Menjelaskan sifat-sifat Jajargenjang
    2. Membuktikan sifat-sifat Jajargenjang

    IV. Tujuan
    1. Siswa mampu menjelaskan sifat-sifat Jajargenjang
    2. Siswa mampu mencari pembuktian dari sifat-sifat Jajargenjang

    V. Materi Pembelajaran
    (Terlampir)

    VI. Metode / Pendekatan Pembelajaran
    Ceramah
    Demonstrasi
    Tanya Jawab
    Penugasan

    VII. Langkah-langkah Pembelajaran
    Kegiatan Rincian Kegiatan Alokasi Waktu:
    Kegiatan Awal
    1. Doa dan absensi 1 menit
    2. Guru memberikan motivasi kepada siswa 2 menit
    3. Apersepsi
    Guru memberikan pengantar tentang tema yang akan dibahas, dengan cara melakukan Tanya jawab singkat dengan siswa
    Guru menunjukkan bentuk jajargenjang 2 menit

    Kegiatan Inti
    1. Dengan metode ceramah interaktif, guru menjelaskan ciri jajargenjang yaitu tiap sisi yang berhadapan sama panjang        (2 menit)
    2. Guru menjelaskan ciri jajargenjang yaitu diagonal sisi dalam jajargenjang memotong tepat di tengah dengan metode        ceramah interaktif  (2 menit)
    3. Dengan metode ceramah interaktif, guru menjelaskan ciri jajargenjang yaitu tiap sudut yang berhadapan sama besar    ( 2 menit)
    4. Dengan penarikan kesimpulan secara deduksi, guru menjelaskan dan membuktikan ciri-ciri jajargenjang yaitu jumlah      keempat sisinya adalah 360 derajat ( 2 menit)
    5. Dengan metode demonstrasi, guru menunjukkan bahwa jajargenjang tidak memiliki simetri lipat (2 menit)
    6. Guru mendemonstrasikan simetri putar dari jajargenjang (2 menit)

    Kegiatan Akhir
    1. Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari yaitu ciri-ciri jajargenjang (1 menit)
    2.  Guru mereview kembali materi ciri-ciri jajargenjang (1 menit)
    3. Guru memberikan tugas kepada siswa dan akan dikumpulkan pada pertemuan mendatang (1 menit)

    VIII. Alat/Bahan/Sumber Belajar/Media Belajar
    Sumber Belajar
    • Literatur Matematika kelas IV semester I
    • Buku lain yang relevan
    Media Pembelajaran
    • 5 Bentuk bangun jajargenjang

    IX. Penilaian
    Instrumen
    Penilaian Hasil
    Tes Tulis
    (Soal terlampir)

    INDIKATOR PENILAIAN
    Tes Tulis
    Siswa dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan materi tentang ciri-ciri atau sifat persegi, persegi panjang, dan jajargenjang.
    Pedoman Pensekoran/Nilai

    Tes Tulis
    Jawaban benar dan lengkap bernilai 10
    Jawaban benar tetapi tidak lengkap bernilai 5
    Jawaban salah bernilai 3
    Tidak menjawab bernilai 0




    #agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan tepat... dibutuhkan Rencana PELAKSANAAN pembelajaran (RPP) yang baik, jadi saat membuat Rencana PELAKSANAAN pembelajaran (RPP) usahakan juga memperhatikan sikon sekitar sekolah... terutama dalam memilih Metode, Media dan cotoh pada perumpamaan dalam suatu materi.

    3 komentar :

    1. buat sample bisa nih :D

      BalasHapus
    2. apa jadix ya klo gk ada RPP heheh..,pasti bakal bengong di dpn murid2 :D

      mf ya baru sempat mampir... *smile manis

      BalasHapus
    3. @alprablog> makasih dah mampir...
      yapss... moga bermanfaat...^_^

      @lentera_langit> nggak cm bengong materinya hamburaduls n muridnya juga gk ngeh... :D

      BalasHapus

    *Terimakasih... atas Kunjungannya... ^_^
    Salam Persahabatan yaaa.... *_*

     
    Copyright © 2015 Lely Chusna
    Distributed By lelly collection. Powered by Blogger