BREAKING NEWS

Tips

Kelas Menulis

Buku

Morfologi Bunga Lily

Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Ordo : Liliales
Famili : Liliaceae
Genus: Lilium

Jenis Lily 
Menurut bentuknya sendiri, secara garis besar terdapat 3 bentuk bunga lily,
  • Bowl Shaped : Kelopak bunga melebar keluar dan bunganya berukuran sangat besar
  • Trumpet Shaped : Kelopak bunga menbentuk tabung dan melengkung diujungnya, seperti terompet.
  • Turk\'s Cap-Shaped : Kelopak bunga bergulung keluar (sangat melengkung)

Sedangkan menurut speciesnya, secara garis besar terdapat 4 jenis lily,
  • Lilium Regale, terkadang dikenal sebagai Regal Lily atau Lilium Trumpet Regale. Memiliki bunga berbentuk terompet berwarna putih dengan pangkal kuning dan wangi yang semerbak.
  • Lilium Henryi, merupakan species asal China, berwarna oranye. Berbentuk tegap dan biasanya berbunga banyak.
  • Lilium Candidum, berasal dari Timur Tengah.  Sangat harum dan sangat popular.
  • Lilium Lancifolium,  berbentuk Turk\'s Cap,  berwarna orange dengan bintik-bintik yang gelap. 
Tentang Bunga Lily
Bunga Lily atau Lilium sesungguhnya adalah bunga musim panas. Bunga cantik ini memperindah taman anda dengan warna cerah dan harum semerbak wanginya. Bunga yang cantik ini dikenal semenjak jaman Yunani kuno. Nama Lily atau Lilium adalah bentuk Latin berasal dari kata Yunani, Leirion. Pada awalnya Lily tumbuh di dataran mediterania dan Asia Barat, hampir setiap rumah di sana dihiasi dengan kecantikan bunga ini. Bahkan kemudian bunga ini dikembangkan di daerah pertanian.  Penyebaran  bunga lily meliputi wilayah Eropa dan meliputi daerah Mediterania Utara, melintas kesebagian besar wilayah Asia menuju Jepang, India, dan Filipina Selatan. Dan saat ini telah menyebar ke wilayah selatan Kanada melalui Amerika Serikat. 
Bunga Lily merupakan tanaman berbunga yang tumbuh dari umbi. Terdapat sekitar 100 jenis Bunga lily. Berwarna lembut serta memiliki keharuman yang khas membuat bunga ini seringkali ditanam sebagai tanaman hias atau bunga potong. Namun selain dikagumi karena bentuk bunganya yang cantik, ada beberapa jenis lily terkadang ditanam lalu dipanen hanya untuk diambil umbinya saja.
Lili sangat mudah tumbuh, beberapa varietas dapat ditemukan tumbuh liar dalam jumlah besar. Lili membutuhkan masa aktif dingin untuk berkembang. Ini berarti bahwa mereka tumbuh terbaik di daerah-daerah yang mendapatkan setidaknya udara dingin yang sejuk. Lili membutuhkan udara lembab dan sedikit asam tanah.
Tanaman ini bisa menyesuaikan diri dengan habitat hutan, seringkali pegunungan, dan terkadang habitat rerumputan. Beberapa mampu hidup di rawa. Pada umumnya tanaman ini lebih cocok tinggal di habitat dengan tanah yang mengandung kadar asam seimbang.  Bunga Lily lebih toleran terhadap keadaan kering dibanding tanaman bunga potong lainnya.akan tetapi bila terlalu kering akan berdamapak buruk terhadap tanaman bunga lily, daun akan menjadi kuning dan bunga akan berguguran. Air yang mengandung flor terlalu banyak akan merusak daun. Oleh karena itu, penyiraman  hendaknya diatur agar media tidak terlalu kering dan juga tidak terlalu basah.

4 komentar :

  1. Wahai bunga lily yang indah disana. Salahkah jika aku mencium harum mu, dan mencium kelopak bungamu, memelukmu setiap hari, walau hanya dari sebuah potret?

    Bagaimana perasaanmu bunga lily? Ingin membenciku? menyalahkanku?
    Ingat wahai bunga lily
    Itu adalah hal yang kulakukan, setiap hari, ya setiap hari, setiap waktu...

    Suatu saat kita akan bertemu bunga lily :)
    Saat itu semuanya bukan hanya potret lagi

    BalasHapus

*Terimakasih... atas Kunjungannya... ^_^
Salam Persahabatan yaaa.... *_*

 
Copyright © 2015 Lely Chusna
Distributed By lelly collection. Powered by Blogger