BREAKING NEWS

Tips

Kelas Menulis

Buku

Es Cincau Hijau Lembut Menyehatkan

Es Cincau Hijau
Yuuupppss… kayaknya gk asing lg kan ma yg satu ini “Cincau Hijau”. Minuman favorite, antioksidan yang baik, murah, enak dan segar yang juga berguna untuk membantu penyembuhan tekanan darah tinggi, mengatasi gangguan nyeri pada perut, dan panas dalam.
Bedanya dengan cincau hitam atau sering di sebut “Cao”, Cincau hijau proses pembuatannya lebih gampang yaitu dari Daun Cincau yang setelah jadi hanya bertahan sekitar 3 hari setelah itu dia akan kembali menjadi cair. Sedangkan, Cincau hitam lebih tahan lama dan proses pembuatannya juga beda.
Daun yang digunakan untuk membuat cincau hijau ini harus yang tipis dan lemas. Kalo yang tebal dan kaku, rasanya agak pahit. Untuk daunnya perhatikan saja yang pangkal daun berlekuk, tengah melebar dan ujungnya meruncing dengan panjang antara 5 sampai 10 cm. Tepi daun berombak dan permukaan bawah daun berbulu halus, sedangkan permukaan atas daun berbulu jarang dan terasa kasar bila dipegang. Petik yang warnanya hijau tua, tetapi jangan yang sudah terlalu tua. Kalau lagi rimbun, bisa petik daunnya banyak. Tapi kalau sedang tidak berdaun, jangan diambilin dulu daunnya deh yaaa… kesian tuch biarin tumbuh dulu… :)

Bahan-bahan:
- 50 lembar daun cincau hijau
- 500 ml air matang

Cara Membuat :
1. Remas daun cincau hingga keluar gel yang berwarna hijau tua sambil ditambahkan 500 ml air matang tadi sedikit demi sedikit. (semakin banyak air, agar-agar dari cincaunya akan lebih lembek)
2. Saring dengan kain halus untuk bisa diambil airnya saja, pindahkan kedalam mangkuk yang bersih.
3. Biarkan di tempat dingin (atau di lemari es) hingga mengeras dan menjadi agar-agar (sekitar 3-4 jam)
4. Setelah keras, potong2 dengan cara disendoki, taro di gelas untuk disantap bersama orang2 tersayang.

Penyajian:  Taruh Cincau Hijau ke dalam gelas tambahkan air gula jawa dan santan :)
* (biar aroma lebih siipp… saat merebus santan tambahkan daun pandan)
Okeeeyy.... Selamat Meluapkan Cintamu di Dapur… :)
Daun Cincau Hijau

Meremas Daun Cincau
Hasil Perasan Daun Cincau Hijau



19 komentar :

  1. CincauKu cincau jelly siap minum. Terbuat dari daun cincau dan liang teh. Tidak perlu tambah gula atau air. Pemesanan hub 0817429439

    BalasHapus
  2. Numpang nanya, kalo diblend beda ya hasilnya?

    BalasHapus
  3. harmony> kalo menurutQ hasil blenderan terlalu halus jadi pas di peras ambil airnya daun2 kecil suka ikut, al hasil pas udah jadi jell ada kayak endapannya..

    BalasHapus
  4. sore... ada info ga yg jual daun cincau posisi jakarta?

    BalasHapus
  5. Terimakasih Informasinya, benar3 bermanfaat,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dirumahku banyak (condet) datang.ambil nggak beli.or free.silahkan

      Hapus
  6. Lien,
    Waduch.. gak tw ya... :)

    Ismail,
    Alhamdulillah... terimakasih kembali

    BalasHapus
  7. Jual bibit cincau hijau


    http://www.olx.co.id/iklan/bibit-cincau-hijau-cina-61371069.html

    085640749582


    BalasHapus
  8. Terimakasih bu, artikelnya sangat membantu
    Bagi temen temen yang membutuhkan bibit tanaman cincau hijau, silahkan kunjungi dan hubungi kami :
    KC Nurseries BOGOR : 0813 848 24 904
    tersedia antara lain :
    1. Bibit tanaman Cincau Hijau Rambat Daun Bulu Hati
    2. Bibit tanaman Cincau Hijau Rambat Jelly, atau yg dikenal dengan cincau cina daun kecil, permukaan halus
    3. Bbit tanaman Cincau Hijau Perdu/pohon, berdaun lebar, besar dan tebal
    4. Ada juga Bibit tanaman Cincau Hitam/Janggelan ( Msona palustrs sp. )
    Dan masih banyak tanaman obat keluarga dan tanaman bumbu lainnya.....
    Terimakasih
    Salam KC Nurseries Bogor

    BalasHapus
  9. terima kasih banyak informasinya sangat membantu, jadi pingin cepat bikin es cincau..

    BalasHapus
  10. Wah...jadi inget dulu sering metik daun cicau,gampang banget buatnya...seprti artikel ini,sangat membantu.

    BalasHapus
  11. saya butuh daun cincau ini untk memenuhi kebutuhan usaha saya.. boleh hubungi 087881365855

    BalasHapus
    Balasan
    1. wach... tanaman cincau saya cuman dikit di pekarangan rumah ^_^

      Hapus

*Terimakasih... atas Kunjungannya... ^_^
Salam Persahabatan yaaa.... *_*

 
Copyright © 2015 Lely Chusna
Distributed By lelly collection. Powered by Blogger