BREAKING NEWS

Tips

Kelas Menulis

Buku

LEMBAR REFLEKSI (PKM MANDIRI)


Setelah kemaren kita kasih contoh berita acara, Sekarang kita kasih contoh pengisian pada Lembar Refleksi



LEMBAR REFLEKSI


SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN
Nama                     :    ...........................................
NIM                      :    ..............................
Program Studi        :    S1 PGSD            
UPBJJ                   :    SURABAYA


A.    Refleksi Komponen
1.      Apakah kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik?
Ya, karena setiap awal pembelajaran saya selalu kasih pertanyaan atau apersepsi tentang materi yang akan saya ajarkan jadi siswa siap mengikuti pelajaran saya.

2.       Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi / bahan ajar yang saya sajikan sesuai dengan yang diharapkan? (Apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa ?)
Materi sudah sesuai dengan kemampuan siswa saya, buktinya saat saya Tanya apakah materi yang saya kasih dapat dipahami para siswa kompak bilang sudah paham.

3.      Bagaimana respons siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan ? (Apakah media sesuai dan mempermudah siswa menguasai kompetensi / materi yang diajarkan?)
Ya, media yang saya pakai sangat membantu siswa saya dalam memahami materi yang saya jelaskan.

4.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap kegiatan belajar yang telah saya rancang?
Siswa saya cukup senang dengan pembelajaran yang saya terapkan.

5.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode / teknik pembelajaran yang saya gunakan ?
Siswa saya cukup nyaman dengan teknik ceramah dan Tanya jawab yang saya terapkan dalam pembelajaran hari ini.

6.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap pengelolaan kelas (perlakuan saya terhadap siswa, cara saya mengatasi masalah, memotivasi siswa) yang saya lakukan?
Saya selalu berusaha membuat siswa saya nyaman dan tidak terbebani dengan pembelajaran yang say lakukan, saat siswa kelihatan sudah capek saya mencoba mengatasi masalah tersebut dengan cara senam kecil meski sekedar berdiri, melekukkan badan kekanan-kiri dan bertepuk itu semua sudah cukup membuat siswa saya fress kembali.

7.      Apakah siswa dapat menangkap penjelasan / intruksi yang saya berikan dengan baik ?
Alhamdulilah, siswa saya dapat dengan mudah menerima penjelasan atau intruksi yang saya berikan.

8.      Bagaimana tanggapa siswa terhadap latihan atau penilaian yang saya berikan ?
Siswa saya senang dengan latihan soal yang saya berikan, malah ada 1 siswa yang bilang minta tambah soal.

9.      Apakah siswa telah mencapai penguasaan kemampuan yang telah ditetapkan?
Alhamdulilah dengan usaha yang saya lakukan dan dengan kegiatan siswa saya memahami materi soal latihan yang saya berikan hasilnya bagus semua. Dapat diartikan siswa saya telah mencapai penguasaan kemampuan yang ditetapkan.

10.  Apakah saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik ?
Untuk menyelesaikan materi hari ini saya membutuhkan waktu 37 menit, dalm arti selisih 2 menit dari waktu yang disediakan meski tidak terlalu fatal tapi saya akan berusaha memperbaiki cara mengajar saya agar lebih efektif dan efisien.

11.  Apakah kegiatan menutup pelajaran yang saya gunakan sudah dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang saya sampaikan ?
Iya, karena di akhir pertemuan saya selalu mengajak siswa saya mereview materi yang telah kita pelajari hari ini.

B.     Refleksi Menyeluruh
1.      Apakah rencana pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagaimana mestinya? (Jika tidak seleuruhnya, apakah saya telah melakukan penyesuian rencana pembelajaran dengan baik?)
Rencana pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagaimana mestinya.

2.      Apakah kelemahan-kelemahan saya dalam menyusun dan melakukan pembelajaran? Dalam hal apa saja penguasaan materi, penggunaan bahan dan media, penataan kegiatan, penggunaan metode dan teknik pembelajaran, penataan kegiatan, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, penggunaan waktu, serta penilaian belajar?
Waktu yang saya butuhkan sebanyak 37 menit, artinya melebihi 2 menit dari waktu yang disediakan. Jadi kelemahan saya pada pertemuan kali ini adalah pada penggunaan waktu.

3.      Apa saja penyebab kelemahan saya tersebut dan bagaimana memperbaikinya kedepan ?
Kurang bisa memanfaatkan waktu dengan baik, mungkin lain waktu saya bisa lebih konsentrasi tidak hanya pada materi tapi juga waktu yang tersedia.

4.      Apakah kekuatan saya atau hal-hal baik yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran?
Materi dan penjelasan yang saya terapkan mudah dipahami oleh siswa saya.

5.      Apa penyebab kelebihan dan kebaikan yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran ?
Saya menjelaskan materi tidak bertele-tele singkat namun mudah dipahami siswa saya.

6.      Bagaimana kebaikan dan kekuatan saya dalam mengajar dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan ?
Trik merangkum atau mencatat garis besar materi akan saya pertahankan.

7.      Hal-hal unik (positif atau negatif) apa yang terjadi dalam pembelajaran yang saya lakukan?
Backgrown saya yang supel mudah akrab dengan seseorang dan tipe penyayang anak kecil adalah salah satu point positif yang saya punya dan akan saya pertahankan untuk pendekatan kesiswa saya agar kita bisa lebih menyatu.

8.      Ketika ditanya tentang dasar dan alasan pengambilan keputusan dan tindakan mengajar yang saya lakukan, apakah saya dapat mempertanggung jawabkannya secara ilmiah dan moral?
Saya yakin tindakan mengajar yang saya lakukan tidak menyimpang dari kebenaran jadi insya Allah saya pasti bisa mempertanggung jawabkan tindakan mengajar yang saya lakukan.

4 komentar :

*Terimakasih... atas Kunjungannya... ^_^
Salam Persahabatan yaaa.... *_*

 
Copyright © 2015 Lely Chusna
Distributed By lelly collection. Powered by Blogger