BREAKING NEWS

Tips

Kelas Menulis

Buku

Semangat Sehat, Produktif dan Bahagia dari Kota Ledre

Assalam mu'alaikum... Dulu, kata sehat selalu identik dengan keaadaan badan yang sempurna. Namun sekarang seiring dengan kemajuan zaman, kata sehat tidak hanya berhubungan dengan keadaan badan, tapi juga segala sesuatu yang dapat bekerja dan berlangsung normal sebagaimana mestinya. Termasuk jasmani, mental, spiritual dan kesejahteraan sosial.
Berikut Data dari Ruang operasi RSUD Bojonegoro, selama Bulan November 2014. Untuk bidang Orthopedy ada 105 tindakan opersasi, bidang Urologi ada 39 tindakan opersasi, bidang Obgyn + THT ada 114 tindakan opersasi dan bidang Bedah Umum ada 129 tindakan opersasi. Dari data tersebut membuktikan bahwa jumlah seseorang yang sakit sampai harus ditolong di meja operasi cukup tinggi. Angka itu bisa di tekan jika masyarakat mau membiasakan diri selalu hidup sehat. Makan dan Minum teratur, tidur, istirahat dan olahraga yang cukup, membudayakan cuci tangan, juga pemikiran yang selalu positif.
Megingat Bojonegoro adalah daerah berkapur, sedikit banyak air minum masyarakat mengandung zat kapur. Jika air tersebut terus di konsumsi maka lama kelamaan akan meyebabkan penyakit batu ginjal. Budaya merebus air dan olahraga teratur dapat memperkecil kemungkinan timbulnya penyakit tersebut. Selain itu juga bisa dengan ramuan tradisional. Misalnya ramuan dari daun alpukat, tanaman keji beling, tanaman kumis kucing, daun tempuyung atau akar alang-alang. Jadi alangkah baiknya masyarakat memanfaatkan pekarangan untuk menanam tanaman obat (toga). Selain sebagai sumber oksigen juga bisa untuk apotek hidup jika suatu hari kita memerlukannya.
Produktif adalah mampu menghasilkan sesuatu yang menguntungkan dirinya sendiri khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Sering kita temukan pemikiran masyarakat yang memilih berlomba mencari kerja sebagai karyawan dari pada membuka lapangan kerja. Jadi untuk mencetak masyarakat yang produktif terlebih dahulu harus kita bekali modal spiritual dan semangat tiap individu yang harus dimunculkan dan dikembangkan ke arah yang lebih produktif sehingga tercipta etos kerja masyarakat Indonesia yang optimal. Empat hal yang mendukung terciptanya masyarakat produktif adalah kemudahan masyarakat mendapatkan modal produktif, perbaikan sistem manajemen birokrasi, inovasi teknologi dan engineering, juga peningkatan kreatifitas sumber daya manusia dengan berbagai pelatihan.
Menjadi masyarakat produktif di bidang kerajinan flannel misalnya. Meski bukan termasuk barang mewah hal ini jika dikerjakan dengan serius akan menghasilkan keuntungan yang lumayan besar. Setidaknya kita bisa menghasilkan rupiah untuk diri kita sendiri yang kemudian berbagi pengalaman dan kreatifitas dengan sanak saudara juga masyarakat, sehingga pemasarannya semakin luas yang akhirnya bisa membuka lapangan kerja buat orang lain dan membantu perekonomian masyarakat. Selain itu budidaya di bidang pertanian misalnya. Seperti yang kita tahu akhir-akhir ini pertanian dan perkebunan Bojonegoro berkembang sangat pesat. Termasuk Kebun Belimbing, Jambu, Semangka, Melon, Pepaya cha cha, Jamur dan sebagainya. Diimbangi dengan kemajuan teknologi dan keberadaan tempat-tempat semacam Media Center dan BLC diberbagai tempat akan sangat mendukung kesuksesan produktifitas masyarakat. Hal itu akan sangat lebih produktif dari pada hanya diam berpangku tangan menunggu bantuan BLSM, Kartu Keluarga Sejahtera dan sebagainya yang jika salah sasaran malah akan membuat masyarakat manja dan malas berusaha.
Untuk Bhagia itu sendiri, setiap orang mempunyai definisi bahagia yang berbeda. Bagi saya, Bahagia itu sederhana, tak harus bergelimang harta dan permata kita juga bisa bahagia. Asal bisa kreatif mengukir senyum anak negeri, ada waktu cukup untuk bercanda gurau dengan keluarga, lidah sehat dan bisa merasakan enaknya makanan, mata normal untuk melihat warna pelangi, bermanfaat untuk sesama dan hal-hal sederhana lainnya.
Kesimpulannya saat kita ada dalam keadaan sehat jasmani dan rohani, juga produktif bisa menghasilkan sesuatu untuk diri kita dan orang lain, disitulah bahagia akan datang menghampiri kita. Jadi tunggu apa lagi… ayo mulai dari sekarang kita tanamkan di pikiran kita untuk selalu semangat, kreatif dan berpikir positif. Berusaha memberikan yang terbaik untuk sosial dan lingkungan mulai dari hal-hal yang kecil, karena dari hal-hal kecil itulah akan muncul hal-hal besar.
Bersama murid-murid SDN Miyono I Kec.Sekar - Bojonegoro
Salam Bojonegoro Matoh.... Ayo semangat menjadi Bojonegoro Sehat, Produktif dan Bahagia...!!!


Lomba Ngeblog Bojonegoro 2014

13 komentar :

  1. "Salam Bojonegoro Matoh.... Ayo semangat menjadi Bojonegoro Sehat, Produktif dan Bhagia...!!!" ayo mbak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Linda,
      Hehee.. siap mbak... ndang mudik wayahe ujian.. :p

      Hapus
  2. seng budidaya jamur wi neng ndi yo dek

    BalasHapus
  3. Mantap,,, semoga kedepannya bojonegoro semakin sehat, produktif dan bahagia :) Kan kalau bojonegoro maju kita semua ikut bangga! :) Salam Bojonegoro semakin MATOH

    BalasHapus
  4. Putri,
    Iya beibh matoh pokok'e... :) (y)

    BalasHapus
  5. selamat telah menjadi PEMENANG

    BalasHapus
  6. Gracia Swezsler,
    joss gandos heheee...

    BalasHapus
  7. Wiih, mbak pemenang blog bojonegoro 2014.. Artikelnya bagus... Semoga saya bisa mengikuti jejak mbak di bojonegoro blog contest 2015.. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. siiippp.... semoga menang ya :) (y)

      Hapus

*Terimakasih... atas Kunjungannya... ^_^
Salam Persahabatan yaaa.... *_*

 
Copyright © 2015 Lely Chusna
Distributed By lelly collection. Powered by Blogger