Taksonomi tingkatan ranah kognitif menurut Anderson, L.W dan Krathwohl, D. R. 2001 mencakup
menghafal (remember), memahami (understand), menerapkan (apply), menganalisis
(analyse), mengevaluasi (evaluate), dan membuat (create).
- Mengingat (remember) merupakan
proses kognitif paling rendah tingkatannya. Untuk mengkondisikan agar
“mengingat” bisa menjadi bagian belajar bermakna, tugas mengingat
hendaknya selalu dikaitkan dengan aspek pengetahuan yang lebih luas dan
bukan sebagai suatu yang lepas dan terisolasi. Kategori ini mencakup dua
macam proses kognitif yaitu mengenali (recognizing) dan mengingat (Widodo,
2006). Kata operasional mengetahui yaitu mengutip, menjelaskan,
menggambar, menyebutkan, membilang, mengidentifikasi, memasangkan,
menandai, menamai.
- Pertanyaan memahami (understand).
Pertanyaan pemahaman menuntut siswa menunjukkan bahwa mereka telah
mempunyai pengertian yang memadai untk mengorganisasikan dan menyusun
materi-materi yang telah diketahui. Siswa harus memilih fakta-fakta yang
cocok untuk menjawab pertanyaan. Jawaban siswa tidak sekedar mengingat
kembali informasi, namun harus menunjukkan pengertian terhadap materi yang
diketahuinya (Widodo, 2006). Kata operasional memahami yaitu menafsirkan,
meringkas,mengklasifikasikan, membandingkan, menjelaskan, membeberkan.
- Mengaplikasikan (apply). Pertanyaan
penerapan mencakup penggunaan suatu prosedur guna menyelesaikan masalah
atau mengerjakan tugas. Oleh karena itu, mengaplikasikan berkaitan erat
dengan pengetahuan prosedural. Namun tidak berarti bahwa kategori ini
hanya sesuai untuk pengetahuan prosedural saja. Kategori ini mencakup dua
macam proses kognitif yaitu menjalankan dan mengimplementasikan (Widodo,
2006). Kata oprasionalnya melaksanakan, menggunakan, menjalankan,
melakukan, mempraktekan, memilih, menyusun, memulai, menyelesaikan,
mendeteksi.
- Menganalisis (analyze). Pertanyaan
analisis menguraikan suatu permasalahan atau obyek ke unsur-unsur-unsurnya
dan menentukan bagaimana saling keterkaitan antar unsur-unsur tersebut
(Widodo, 2006). Kata oprasionalnya yaitu menguraikan, membandingkan,
mengorganisir, menyusun ulang, mengubah struktur, mengkerangkakan,
menyusun outline, mengintegrasikan, membedakan, menyamakan, membandingkan,
mengintegrasikan.
- Mengevaluasi (evaluate). Mengevaluasi
membuat suatu pertimbangan berdasarkan kriteria dan standar yang ada. Ada
dua macam proses kognitif yang tercakup dalam kategori ini adalah
memeriksa dan mengkritik. Kata operasionalnya yaitu menyusun hipotesi,
mengkritik, memprediksi, menilai, menguji, mebenarkan, menyalahkan.
- Membuat (create).Membuat
adalah menggabungkan beberapa unsur menjadi suatu bentuk kesatuan. Ada
tiga macam proses kognitif yang tergolong dalam kategori ini yaitu
membuat, merencanakan, dan memproduksi (Widodo, 2006). Kata oprasionalnya
yaitu merancang, membangun, merencanakan, memproduksi, menemukan,
membaharui, menyempurnakan, memperkuat, memperindah, menggubah.
siiippp....siiippp.... ^_^
BalasHapusiyaaapp... tugas kmaren ntuh... :)
BalasHapus